10 Bahaya dari Kurang Tidur

Tidur merupakan cara terbaik untuk mengistirahatkan tubuh Anda. Satu malam tanpa tidur, akan menimbulkan gejala pada tubuh Anda, pada keesokan harinya. Pikirkanlah tentang efek jangka panjang dan bahaya yang timbul jika Anda kurang tidur.
Kurang tidur dapat menyebabkan penyakit kronis yang dapat mempengaruhi kesehatan Anda. Maka dari itu, jangan abaikan gejala dari kurang tidur, karena hal ini merupakan indikasi dari suatu penyakit.
Kurang tidur ditandai dengan beberapa gejala, seperti menguap berlebihan, mengantuk di siang hari dan masalah kognisi atau masalah kesehatan fisik. Selain yang sudah disebutkan di atas, kurang tidur juga bisa menimbulkan efek samping lain, dan berikut 10 bahaya yang mengintai jika Anda kurang tidur. 
1. Sistem kekebalan tubuh melemah.
Salah satu bahaya yang paling penting dari kurang tidur adalah melemahnya sistem kekebalan tubuh, akibat penurunan produksi sitokin sebagai pelindung dan antibodi untuk melawan infeksi.
2. Meningkatkan penyakit kronis.
Anda akan berisiko terkena penyakit kronis, seperti diabetes dan tekanan darah tinggi, jika Anda kekurangan waktu tidur. Hal ini dapat terjadi karena penurunan keseluruhan regulasi hormon dan metabolisme.

3. Mempengaruhi nafsu makan.
Kurang tidur merupakan alasan utama untuk meningkatkan nafsu makan. Selain makanan ringan tidak sehat yang membuat Anda tetap aktif di malam hari tanpa tidur, dalam hal ini, hormon Anda akan bertindak sebagai pelakunya.
4. Kencing manis.
Banyak penelitian membuktikan bahwa diabetes lebih berisiko terhadap orang-orang yang tidak cukup tidur. Alasannya adalah resistensi insulin meningkat pada seseorang yang tidak mendapatkan tidur yang cukup.

5. Memperburuk penyakit.
Jika tidur dapat mendukung perawatan dalam penyembuhan penyakit, sebaliknya, kurang tidur dapat mempengaruhi proses penyembuhan tubuh, karena akan mengubah ritme produksi banyak hormon pendukung penting dan penguat imun.
6. Kecemasan dan depresi.
Stres dan kurang tidur, bagaikan dua sisi mata uang. Jika Anda sedang stres, mungkin Anda akan sulit untuk bisa tidur, sebaliknya, jika Anda tidak bisa tidur, Anda akan merasa tertekan, karena akan terjadi peningkatan produksi hormon stres.
7. Penurunan kognitif.
Kurang tidur dapat mempengaruhi daya ingat, kinerja dan tingkat kewaspadaan Anda. Pada akhirnya, hal ini akan menyebabkan masalah yang berkaitan dengan kemampuan kognitif, yang akan mempengaruhi kemampuan Anda untuk berpikir dan memproses informasi. Gangguan kognitif dapat mempengaruhi kinerja Anda sehari-hari.
8. Mempengaruhi ritme sirkadian.
Tubuh kita telah dirancang untuk bekerja di pagi dan siang hari, serta istirahat di malam hari. Setiap gangguan ini akan mempengaruhi seluruh keseimbangan tubuh. Ritme sirkadian yang tidak seimbang akan mempengaruhi fungsi tubuh.
9. Ketidakseimbangan hormon.
Produksi sebagian besar hormon didasarkan pada ritme siang-malam. Jika keseimbangan ini goyang, akan menyebabkan masalah yang berhubungan dengan ketidakseimbangan hormon. Ini adalah salah satu bahaya utama dari kurang tidur.
10. Kanker.
Tubuh kita memanfaatkan waktu tidur untuk melakukan semua perbaikan dan pemeliharaan. Setiap gangguan dalam jadwal ini akan menyebabkan timbulnya faktor kanker dalam tubuh. Radikal bebas juga memberikan kontribusi pada peningkatan risiko kanker.


2 Responses to “10 Bahaya dari Kurang Tidur ”

Anonymous :

Obat Ayan Herbal Barang Sampai Baru Bayar

30/8/16 14:31

Budi :

Ternyata kurang tidur bakal buat penyakit yang bahaya sekali ya...

Susu formula

10/5/22 16:39

Post a Comment