10 cara memaksimalkan proses mencuci muka

Membersihkan wajah pasti sudah menjadi rutinitas Anda setiap hari. Apalagi menjalani hidup di kota besar yang penuh dengan debu dan polusi, membersihkan wajah tak berbeda dengan makan, tiga kali sehari atau bahkan lebih.
Setiap hari mencuci wajah dengan menggunakan produk-produk pembersih wajah yang beredar di pasaran tidak menjamin Anda mengetahui segala hal tentang cuci muka, bukan? Buktinya Anda masih mengalami masalah kulit.
Sebenarnya, jika Anda memperbaiki cara mencuci muka, Anda akan terhindar atau mengurangi masalah kulit seperti iritasi, kulit kering, dan jerawat.
Genius Beauty menuliskan, ada 10 cara yang bisa Anda lakukan untuk memaksimalkan proses mencuci muka Anda. Hasilnya, kulit Anda pun akan tampak lebih sehat.

1. Gunakan produk kecantikan Anda dengan hati-hati
Apakah kulit Anda memerah dan sensitif setelah dibersihkan? Mungkin pembersih Anda terlalu keras. Sementara menghapus make up dan kotoran, tidak harus mengambil sel-sel sehat atau minyak alami dari kulit Anda.
Jika hal ini terjadi sebaiknya pilih pembersih wajah lainnya yang bisa membersihkan secara menyeluruh tapi tidak meninggalkan masalah pada wajah.

2. Berapa kali Anda mencuci muka?
Jika Anda terbiasa mencuci muka lebih dari dua kali sehari, Anda akan kehilangan terlalu banyak minyak alami dan akhirnya iritasi. Wajah Anda butuh istirahat dari berbagai produk kecantikan. Jika Anda tidak terlalu banyak berkeringat lebih baik tanggalkan make up. Anda pun dapat melewatkan prosesi membersihkan wajah sebelum tidur dan hanya mencucinya dengan air hangat.

3. Pertimbangkan suhu air
Beberapa orang percaya bahwa air panas membuat pori-pori terbuka dan air dingin membuat lubang pori-pori mengecil. Ternyata hal itu tidak benar karena pori-pori tidak memiliki otot sehingga tidak dapat membuka atau menutup.
Bagi Anda yang kerap mencuci muka dengan air panas, ternyata cara itu malah membuat kulit Anda lebih kering. Pasalnya air panas dapat meluruhkan minyak pelindung kulit. Pastikan bahwa air tidak terlalu panas, cukup air yang hangat.

4. Jangan terobsesi pengelupasan kulit
Untuk memastikan sel-sel kulit mati terangkat dari wajah, tak perlu menggunakan scrub setiap hari. Anda bisa melakukannya dua kali dalam seminggu. Jika Anda merasa scrub Anda tidak terlalu bekerja maksimal, Anda pun dapat menggunakan buah yang mengandung asam.

5. Bilas secara menyeluruh
Proses pembilasan yang tak sempurna akan meninggalkan sisa kotoran yang tidak diinginkan di wajah Anda. Akhirnya pori-pori pun tersumbat.
Cara membilas wajah yang benar dimulai dari dekat garis rambut, lanjutkan sampai sekitar rahang Anda. Jangan lupa juga bagian sela-sela hidung karena di bagian ini biasanya sisa kotoran tertinggal.

6. Perhatikan kandungan bahan
Jika Anda menemukan produk kecantikan yang menimbulkan masalah pada kulit Anda jangan dibuang begitu saja. Perhatikan baik-baik labelnya. Apakah ada paraben dan pengawet sintetis lainnya? Atau pewarna dan wewangian yang dapat menyebabkan iritasi?
Jika ada kandungan sodium lauril sulfat, Anda harus berhati-hati karena bahan ini mampu menghasilkan reaksi alergi. Dengan mengetahui kandungan yang terdapat pada kosmetik yang menimbulkan masalah kulit, akan menghindarkan Anda dari kesalahan membeli produk.

7. Penggunaan handuk
Gunakan handuk yang bersih dan lembut pada wajah Anda. Jangan mengeringkan wajah dengan cara menggosok. Terlalu banyak tarikan dan gesekan akan memengaruhi elastisitas kulit Anda. Lakukan pengeringan dengan cara menepuk wajah Anda dengan lembut sampai wajah benar-benar kering.

8. Menggunakan pelembap
Jangan menunggu kulit Anda kering untuk memakai pelembap. Lakukan saat kulit masih basah. Pasalnya dengan cara ini pelembap akan menyerap dengan sempurna ke kulit. Pelembap yang tidak menyerap akan meninggalkan residu pada kulit sehingga menyebabkan masalah lainnya.

9. Banyak tak berarti hasilnya lebih baik
Tak perlu punya banyak produk perawatan wajah. Anda cukup memilih beberapa yang Anda butuhkan dan sesuai dengan kulit Anda. Pilihlah produk yang merawat secara efektif.

10. Minyak untuk membersihkan wajah
Keyakinan lama bahwa minyak menyumbat pori-pori kulit sekarang telah berubah. Bahkan para ahli cenderung menyarankan pembersih yang mengandung minyak untuk semua jenis kulit.
Minyak ternyata dapat membersihkan pori-pori secara efektif, menyingkirkan bakteri dan memberikan keseimbangan yang sehat pada kulit.
Ketika memilih produk berbasis minyak, pastikan berasal dari minyak alami dan tanaman. Anda dapat menggunakan minyak almond, minyak biji anggur, minyak biji aprikot, minyak bunga matahari dan sebagainya.
Minyak kelapa dan minyak zaitun mungkin juga cocok jadi pilihan. Pijat sedikit minyak ke wajah Anda dengan lembut dan kemudian bersihkan dengan kain basah yang lembut. Untuk menghindari meninggalkan residu yang akan menyumbat pori-pori, bersihkan minyak secermat mungkin.


1 Responses to “10 cara memaksimalkan proses mencuci muka ”

Budi :

Wah menarik sekali... Terima kasih atas langkah-langkahnya.

Harga tepung

10/5/22 16:41

Post a Comment