10 Tips Untuk Mendinginkan Suhu Tubuh Dan Cara Mengatasi Kulit Kering


Pada saat sedang memasuki musim kemarau saat ini, tentunya anda harus menjaga kondisi kulit, karena panas dan teriknya matahari dapat membakar beberapa bagian kulit tubuh Anda yang tidak terlindungi, seperti pada  bagian kaki, tangan dan wajah yang sering terkena. Panas sinar matahari yang tekena ke kulit, mengakibatkan kulit akan menjadi kering dan terlihat gelap. Nah, kalau sudah begini tentu akan sangat mengganggu penampilan Anda .
saat suhu meningkat, kita pasti akan terlalu lelah menghadapi panas dan lembapnya musim panas untuk tetap terlihat sempurna. Namun, ide-ide kecil dapat sangat bermanfaat saat menghadapi cuaca panas. Apakah berkeringat sesungguhnya bagus untuk Anda? Berkeringat adalah cara kulit untuk mendinginkan suhu tubuh. Namun, sensasi tetesan keringat tidak terasa begitu sejuk. Dengan rata-rata 2,5 juta kelenjar keringat pada tubuh kita, besar kemungkinannya kita akan terlihat lembap dan tidak bersemangat. Hari-hari dengan panas yang sangat terik serta tren cuaca yang terus memanas membuat kita mustahil menghadapi cuaca tanpa adanya AC yang berembus kencang. Namun, ada kabar gembira.
Ketika cuaca panas memperlambat kita, terdapat tips kilat untuk menghadirkan pertolongan pada siang dan malam musim panas yang terik serta memberikan arti baru pada ekspresi “chill out!” Gagasan berikut menawarkan berbagai cara untuk meminimalkan kerusakan yang dapat ditimbulkan cuaca panas pada kulit, rambut, dan tubuh kita.
1. Penyegar Wajah
Bagaimana cara memperoleh kilau sempurna kulit yang sedikit lembap ketika iklim semakin tidak bersahabat? Semprot wajah Anda dengan botol semprotan yang diisi dengan air dan didinginkan di dalam lemari es. Seperti perawatan wajah dengan uap, keringat akan membuka pori-pori sehingga pembilasan menjadi kunci untuk menjaga wajah tetap bersih dari minyak berlebih akibat panasnya cuaca.
2. Gaya Rambut
Cobalah membuat ekor kuda pada siang hari untuk menjauhkan rambut panjang dari leher Anda dan lilit menjadi sanggul untuk tampilan malam hari yang memukau. Cobalah gaya retro 1960-an seperti French twist atau Victorian pompadour untuk mencegah rambut menempel pada kening. Dan untuk pilihan kasual, cobalah satu atau sepasang kepang dan lilitkan di kepala pada malam hari.
3. Topi
Lindungi wajah Anda dari matahari di siang hari. Belilah topi khusus yang membuat Anda tetap merasa sejuk dan membingkai wajah Anda dengan manisnya. Tambahkan syal atau pin pada topi pantai jerami klasik untuk menghiasinya. Kunjungi toko barang antik untuk rancangan unik yang modis atau cobalah topi boater, porkpie atau Panama kaum lelaki. Kumpulkan sejumlah pakaian beraneka ragam warna untuk setiap kesempatan.
4. Pakaian Tipis dan Sangat Tipis
Kain katun 100 persen yang sangat ringan, kain kasa, dan pakaian linen alami menyerap keringat dan menjaga Anda merasa dan terlihat lebih sejuk. Ketika berolahraga di gym, pertimbangkan untuk mengenakan pakaian olahraga yang menyerap keringat, tapi ingat bahwa pakaian itu biasanya dibuat dari bahan sintetis, bukan kain alami. Selain itu, kenakan pakaian berwarna terang untuk memantulkan teriknya sinar matahari dan mengurangi keringat yang dikeluarkan tubuh.
5. Gunakan Kipas
Usahakan agar udara terus bersirkulasi di rumah Anda dengan menggunakan kipas untuk menciptakan ventilasi. Pertimbangkan menggunakan kipas kertas cantik untuk mendinginkan wajah Anda. Hal ini cukup manjur bagi kaum wanita selama berabad-abad lamanya. Cari kipas cantik dengan desain yang indah dan bisa Anda “pamerkan” kepada teman-teman Anda.

6. Telanjang Kaki

Tukar sepatu olahraga dan sepatu kerja dengan sandal dan sepatu tali pada musim panas. Saat suhu di kaki Anda turun, demikian pula halnya dengan sirkulasi darah pada telapak kaki Anda, yang akhirnya mendinginkan seluruh tubuh Anda.
7. Krim Dingin
Masker wajah yoghurt tawar yang dingin akan melembapkan kulit, langsung mendinginkan wajah. Yoghurt dikatakan memiliki zat pengelupas dan mengurangi iritasi.
8. Salad dan Rempah-rempah
Apa yang Anda makan dapat menyediakan pertolongan. Salad dan makanan ringan lainnya sangat direkomendasikan. Carilah buah dan sayuran yang mengandung air dan menyediakan kelembapan. Di sisi lain, penduduk negara dengan iklim tinggi seperti India, Thailand, dan Meksiko, meyakini bahwa makanan pedas dapat mendinginkan. Teorinya adalah kapsaisin dalam lada cili membantu kita lebih berkeringat lalu keringat akan menguap sehingga menghadirkan perasaan dingin.
9. Cairan Panas
Kedengarannya berlawanan, tapi anehnya, ilmu pengetahuan menyatakan bahwa minum teh panas sesungguhnya dapat menurunkan suhu bagian dalam tubuh kita. Ada syaratnya: hal ini hanya berfungsi jika keringat kita dapat menguap. Jika cuacanya panas dan lembap, lebih baik menghirup minuman dingin. Lembapkan tubuh dengan sering minum air untuk menggantikan cairan yang hilang melalui keringat. Cobalah slush semangka blended untuk minuman mengandung cairan tinggi yang manis secara alamiah.
10. Dinginkan Titik Denyut Nadi
Tuangkan air dingin pada pergelangan tangan selama satu menit dan cipratkan air pada pelipis untuk menurunkan suhu tubuh. Buat kompres dingin dengan memasukkan beras ke dalam kaus kaki katun, ikat dengan benang, dan bekukan selama dua jam sebelum waktu tidur. Karena beras akan tetap dingin, selipkan di bawah seprai atau bantal untuk merasakan efek dinginnya sepanjang malam untuk tidur yang nyenyak.

Cara mengatasi kulit kering
1. Pelembab
Cara pertama yang dapat anda lakukan ialah dengan menggunakan pelembab kulit di siang hari  sebelum Anda ber make-up dan melakukan aktifitas di luar. Anda dapat menggunakan cream atau lotion wajah yang sesuai dengan jenis kulit wajah Anda. Gunakan pelembab kulit Pada waktu malam hari  juga sebelum tidur dan sesudah membersihkan wajah.
2. Hand and Body Lotion
Di Pasaran banyak beredar produk hand and body lotion atau body cream dengan harga yang bervariasi, Anda dapat memilihnya sesuai dengan jenis  kulit Anda agar tidak mengakibatkan iritasi pada saat anda menggunakannya. Gunakan Lotion atau cream ini setiap hari sehabis mandi sebagai perlindungan kulit.
3. Minyak Zaitun
Minyak zaitun sangat baik untuk kesehatan kulit Anda selain dapat melembabkan dan melembutkan kulit, minyak yang satu ini juga dapat mencerahkan kulit Anda. Minyak Zaitun dapat digunakan sebagai pengganti body lotion atau body cream. Penggunaannya cukup oleskan sedikit pada bagian tubuh secara merata.
4. Lulur Mandi
Mandi dua kali sehari merupakan sebuah kewajiban agar kulit tubuh Anda bersih dan terjaga kelembabannya. Sebagai tambahannya lakukan luluran minimal seminggu tiga kali. Anda tidak perlu pergi ke salon atau spa. Cukup melakukannya sendiri di rumah. Pilihlah lulur mandi yang sesuai dengan kebutuhan kulit Anda. Sebelum menggunakan lulur mandi, Anda dapat membalur tubuh Anda dengan minyak zaitun.
5.Minum Air Putih
Minumlah air putih minimal 8-10 gelas per hari. Hal tersebut dapat mengurangi dehidrasi dan memperlancar metabolisme tubuh Anda. Bila cairan tubuh Anda tetap terjaga maka kesehatan kulit dan kelembaban kulit Anda akan tetap terjaga.


0 Responses to “10 Tips Untuk Mendinginkan Suhu Tubuh Dan Cara Mengatasi Kulit Kering”

Post a Comment