Biodata Dan Foto Nelson Mandela

Nelson Mandela adalah tokoh perdamaian dunia orang Afrika Selatan berkulit hitam pertama yang menjadi presiden. Dilahirkan di Mvezo, 18 Juli 1918 dan meninggal pada tanggal 05 Desember 2013, Nelson Mandela yang terpilih melalui keterwakilan penuh, dalam sebuah pemilu multiras sebagai pejuang kemerdekaan melalui kegiatan anti apartheidnya. Sebagai aktivis, Mandela tidak terlepas dari berbagai macam kasus yang membuatnya harus hidup di penjara. Pada tanggal 5 agustus 1962 mandela ditangkap, hakim memvonis 5 tahun penjara untuk Mandela, sementara beberapa kelompok aktivis lainnya dijatuhi hukuman penjara seumur hidup. Mandela kembali ditahan pada februari 1985 karena menolak pembebasan bersyarat dan menghentikan perjuangan bersenjata. Kampanye internasional yang menuntut pembebasannya membuat Mandela dibebaskan tahun 1990.

Mantan presiden Afrika selatan ini menikah sebanyak tiga kali. Dua pernikahan pertamanya berakhir dengan perceraian. Pernikahan pertama Mandela dengan Evelyn Ntoko Mase berakhir dengan perceraian pada 1957 setelah 13 tahun. Pernikahannya kedua dengan Winnie Madikizela yang berjalan 38 tahun berakhir dengan perceraian 1996. Pada usia 80 Mandela tepat di ulang tahunnya beliau bertemu dan menikah yang ketiga kalinya dengan seorang wanita yang juga mantan presiden Mozambik, Graca Machel. Berikut biodata dan foto Nelson Mandela.

Biodata Dan Foto Nelson Mandela


Nama Lengkap
Nelson Rolihlahla Mandela
Alias
Nelson Mandela | Madibaa
Tanggal Lahir
Kamis, 18 Juli 1918
Tempat Lahir
Mvezo, Afrika Selatan
Meninggal
Jumat, 5 Desember 2013
Zodiac
Cancer
Negara
Afrika Selatan
Orangtua
Nosekeni Fanny, Gadla Henry Mphakanyiswa
Pasangan / Istri
Graça Machel (m. 1998–2013), Graça Machel (m. 1998–2013), Evelyn Mase (m. 1944–1958)
Anak
Makaziwe Mandela, Zenani Mandela, Zindziswa Mandela, Malengani Machel, Madiba Thembekile Mandela, Josina Z. Machel
Penghargaan
Penghargaan Perdamaian Nobel, Time Person of the Year, Penghargaan Perdamaian Lenin, Penghargaan Internasional Al-Gaddafi untuk Hak Asasi Manusia

Foto Nelson Mandela
Foto Nelson Mandela
Foto Nelson Mandela
Foto Nelson Mandela
Foto Nelson Mandela
Foto Nelson Mandela
Foto Nelson Mandela
Foto Nelson Mandela

Foto Nelson Mandela
Foto Nelson Mandela

Demikianlah Biodata Dan Foto Nelson Mandela, Meninggalnya tokoh ini membuat seluruh lapisan masyarakat berduka.