BAHASA ARAB PRAKTIS SAAT HAJI 2014


Untuk menunjang kelancaran dalam melaksanakan ibadah haji,salah satunya dalam bahasa itu sangat penting agar kita tidak terkejut ketika berbicara dengan orang arab.sebaiknya anda menghapalkan setidaknya mengerti tentang apa yang harus diucapkan ketika berkomunikasi nanti disini ada beberapa yang mungkin bisa membantu anda nanti setelah berada di Arab Saudi. selamat menghapal!

Ahad =Minggu, Andur =Lihat, Syukran=Terima kasih,Maaun =Air ,
Mustaqim=lurus, 'afwan = terima kasih kembali,anta=anda,Ibnu=anak,Abu=Bapak,Dororr,
mudirr=Bahaya,Wisadat=bantal Maal=Barang,Zaddid=Baru,Istaro=Beli,Yastari=membeli,Lamma=Belum
Syahih=benar,Kabir=Besar,Gadaa=Besok,Kitab=Buku,Umi=Bunda,Khotbah=Ceramah, Barid=Dingin,Hunaka=Disana,Huna=Disini,Horuf=Domba 'Ailah=Famili,Rosma=Foto,Majjan=Gratis,Minsadat=Handuk, Qimaat=Harga,'Atiss=Haus,Hayawan=Hewan,Hayat=Hidup,Huwa=Ia,Ikhwan=lakilaki,
Akhwat=Perempuan Risatul idzin=Suratizin,Torik=Jalan,Saat=jam,Mada=Jarak,Ihyat=Jenggot,Kadalika=Juga,Ba'a,Yabi'a= Jual
Idza=Kalau,Safinah=Kapal,Alaa Aina=kemana,Yubusah=Kemarau,Albaul=Kencing,Alhisan=kuda
Andur=Lihat,Mustaqim=Lurus,Al Afwa=maaf,Toamun=Makanan,Akala= Makan, Lail=Malam,Muntasafillail=Tengah malam,Istaham=Mandi,Aina=Mata,Samsi=Matahari,Miladza=Mengapa,Tolabal Afwa=Minta Maaf
Syaroba=Minum,Harrun=Panas,Jawaaz=Pasfor,Babun=Pintu,Albulis=Polisi,Tsaaru=Rambut,
Alhubju=Roti,Maridun=Sakit,Wahid=satu,Mahadat=Stasiun,A'lama Yu'limi=Memberi tahu,'Alamat=
Tanda,'Alamatul Khotori=TAnda bahaya,Assayab=Tanggal,Qonun=Undang-undang,Attahiyyat=
Salam perkenalan,Uutuuibiis almathaar=bis bandara,Aljumruk=Bea cukai,Fii Alfunduq=Dihotel
Fii Mahallatittijarriyyah=Dipusat pembelanjaan,Shabaah al khair=selamat pagi,
Masau al khair=selamat sore,masau al nuur=selamat sore,Kaifa halik alyaum=bagaimana kabar anda hari ini,Ana Bikhair=Saya baik baik saja,Masmuk?=siapa nama anda,ismi sami=saya sami,Ana ahmad karim=saya ahmad karim,Hadzihi jaujati,wa hadzihi ibnati=ini istri saya dan anak perempuan saya,Maa un Waanuk?=Dimana alamat anda?,Min aina anta=dari mana asal anda,ana min solo=saya
dari solo,Masruur bi liqaik=senak jumpa dengan andaSyukran=terimakasih,'Afwan=terimakasih kembali,Asyukuruka katsiiran=terima kasih banyak,Llaaa aliqaa=Sampai jumpa,Llaaa aliqaa qoriban=sampai bertemu lagi,Mata mau'idu safarik?=kapan anda berangkat?,Ba'da saa'ah=satu jam lagi,Hal,indaka ta'syiirah=apakah anda punya visa,Thab'an hadzihi  ta'syiiroti=tentu ini visa saya
hal,ma'aka jawaaz safar=apakah anda punya pasfor,na'am li jawaz  sfar=ya saya punya,Maahiya jinsiyyatuk  ya sayyidi=apa kebangsaan anda tuan?,Mahiyya jinsiyyatuk Aanisah?=apa kebangsaan anda nona,Ana Indonesia=saya indonesia,Min aina anti aanisah=dari mana asal anda nona,Madza tasytariin,ya aanisah=apa yang akan anda beli nona,Uriidu an asytari qomiish ankam tsamanuh=saya ingin membeli baju berapa harganya,'Isyruun a duulaar=harganya 20 dolar,Hasanan sa sakhudzuh=
oke saya ambil,Fii al Bank=di bank,Aina al bank min fadlik=dimana ada bank,Aasif il al yaaman=kesebelah kanan,Mata=kapan,Qobla al Aql=sebelum makan,Addakwah=undangan,Bikulli suruur=dengan senang hati,na'am=ya,la !=tidak,Madza turid ya sayyidi=anda perlu apa,Ma'iiduular amriki=saya punya dolar amerika,Uriidu tahwiluna=saya ingin menukarnya,Fii almath'am=direstoran
HAl tasy'uru bi juu'syadiid=apa anda merasa lapar?,Na'am nuridu al ghadaa=ya saya ingin makan siang,Ana uhub al aruzzwa al kabaab=saya ingin nasi dan sate,Ana aidhan=saya juga,Udhuki min fadlik=silKn masuk,Syukran ya duktur=terima kasih dokter,Laa ba'sa bik=tidak apa apa .
Demikian seuntai persembahan yang saya tuangkan,semoga bisa bermanfaat bagi para calon jemaah haji Indonesia dan berharap semoga bisa membantu kelancaran dalam berkomunikasi anda disana.                  


0 Responses to “BAHASA ARAB PRAKTIS SAAT HAJI 2014”

Post a Comment